Doa Agar Langit Cerah Dan Tidak Hujan

Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim hujan yang tengah melanda beberapa daerah di Indonesia. Bagi orang muslim, turun hujan merupakan salah satu berkah. Tentunya kita dianjurkan untuk berdoa pada saat hujan turun. Hujan yang dipercaya menjadi salah satu terkabulnya doa-doa kita.

Kita juga diperbolehkan untuk berdoa supaya langit kembali cerah dan hujan berhenti. Dengan membaca doa supaya langit cerah dan tidak hujan diantaranya memberikan syafaat yang bisa menjadi perlindungan Allah SWT. Dengan mengamalkan doa bukan hanya memberikan keselamatan, tetapi juga dapat membantu untuk mendapatkan keberkahan hujan.

Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan mendung terdapat dalam Surat An-Nur ayat 43:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ يُزْجِى سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُۥ ثُمَّ يَجْعَلُهُۥ رُكَامًا فَتَرَى ٱلْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَٰلِهِۦ وَيُنَزِّلُ مِنَ ٱلسَّمَاءِ مِن جِبَالٍ فِيهَا مِن بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِۦ مَن يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُۥ عَن مَّن يَشَاءُ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِۦ يَذْهَبُ بِٱلْأَبْصَٰرِ

Artinya: “Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.”

Lalu, bagaimana bacaan doa agar langit cerah dan tidak hujan? Nah, biar Grameds tahu bacaan doa tersebut, maka langsung saja simak pembahasannya pada artikel ini, ya.

Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

Nah, berikut ini kumpulan bacaan doa agar langit cerah dan tidak hujan lengkap dengan artinya, yaitu:

Doa Menghentikan Hujan

اللهم حوالينا ولا علينا اللهم على الأكام والظراب وبطون الأودية ومنابت الشجر

Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari.

Artinya: “Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Doa Ketika Hujan Turun

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya: “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.”

Doa agar Hujan Tidak Menjadi Bencana

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Doa agar Tidak Turun Hujan dan Tidak ada Petir

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Maha Suci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

Hikmah Baca Doa Hujan

Setiap peristiwa tentunya memiliki hikmahnya tersendiri, termasuk turunnya hujan yang tentu memberikan banyak sekali manfaatnya bagi makhluk hidup yang ada di dunia. Dengan turunnya hujan, banyak tumbuhan yang sudah layu dan kembali segar karena hujan, sumur kering yang kembali terisi air, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Selain hujan memberikan manfaat bagi makhluk hidup, terdapat pula menurut beberapa pendapat ulama dan hadits pada saat turun hujan yang menjadi salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Baca Juga :  Pengaruh Pembaruan Islam Abad Modern Bagi Umat Islam di Indonesia