Pengertian Kas Kecil, Ciri, Tujuan, Fungsi dan Metode Pengolahan Kas Kecil Terlengkap

Pengertian Kas Kecil, Ciri, Tujuan, Fungsi dan Metode Pengolahan Kas Kecil Terlengkap – Kas Kecil (Petty Cash) adalah sejumlah dana yang khusus dibentuk untuk pengeluaran yang bersifat relatif kecil jumlahnya. Kas kecil ini digunakan untuk mendanai pegeluaran pimpinan yang jumlahnya relatif kecil seperti dana konsumsi untuk kepentingan rapat dan lain sebagainya.

Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli

Weygant

Menurut Weygant, Kas kecil adalah “petty cash fund is a cash fund used to pay relatively small amount but still maintain satisfactory control”.

Soemarso (2004:320)

Menurut Soemarso, Kas Kecil adalah sejumlah uang tunai yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran tertentu dengan jumlah yang tidak besar dan yang berupa pengeluaran lain dilakukan dengan bank (dengan cek).

Zaki Baridwan (1988)

Menurut Zaki Baridwan, Dana kas kecil adalah uang kas perusahaan yang khusus dan berfungsi untuk membayar pengeluaran yang nominalnya kecil dan pengeluaran yang tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.

Johar Arifin

Menurut Johar Arifin, Dana Kas kecil adalah dana yang disisihkan oleh perusahaan untuk membiayai pengeluaran yang jumlahnya tidak besar (relatif kecil).

Mardiasmo (2002:3)

Menurut Mardiasmo, Dana kas kecil adalah sejumlah uang kas di perusahaan yang disediakan khusus untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya kecil dan tidak ekonomis jika dibayarkan dengan menggunakan cek.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Buku kas kecil adalah catatan pembelian yang relatif sangat kecil dibanding dengan pembelian lainnya, biasanya dikendalikan oleh sistem tetap.

Kusnadi

Menurut Kusnadi, Dana kas kecil adalah dana yang meliputi pembayaran, yang tidak menggunakan cek sebagai alat pembayaran melainkan menggunakan uang tunai.

Henry Simamora

Menurut Henry Simamora, Kas kecil adalah dana kas yang dipakai untuk membayar pengeluaran yang nilainya relatif kecil.

Ciri atau Karakteristik Kas Kecil

Adapun ciri atau karakteristik kas kecil yaitu:

  • Jumlahnya dibatasi, tidak lebih atau tidak kurang dari suatu jumlah tertentu yang telah ditentukan oleh manajemen perusahaan.
  • Digunakan untuk membiayai dan mendanai pengeluaran yang bersifat rutin setiap hari
  • Disimpan ditempat khusus, biasanya menggunakan kotak kecil yang disebut dengan Petty Cash Box.
  • Ditangani atau dipegang oleh petugas keuangan tingkatan pemula

Tujuan Kas Kecil

Tujuan dibentuknya kas kecil yaitu

  • Untuk menangani masalah perlengkapan kantor yang dialami bagian kantor
  • Untuk menghindari cara pembayaran yang tidak ekonomis dan tidak praktis atas pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan mendadak
  • Meringankan beban staff karyawan dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada pelanggan juga kepada relasi bisnis pimpinan.
  • Mempercepat aktivitas atasan yang menggunakan dana secara mendadak dan tidak terencana sebelumnya.

Fungsi Kas Kecil

Adapun fungsi kas kecil yaitu:

  • Untuk membayar pengeluaran perusahaan dengan nominal kecil
  • Sebagai dana talangan untuk membayar pengeluaran yang bersifat mendadak
  • Sebagai dana langsung untuk jenis pembayaran yang tidak praktis jika menggunakan cek
  • Untuk mempercepat proses pembayaran yang tidak praktis jika menggunakan lampiran keuangan yang erlu ditandatangani direktur terlebih dahulu.

Metode Pengolahan Kas Kecil

Terdapat 2 (dua) cara atau metode pencatatan kas kecil, diantaranya yaitu:

a. Metode Tetap (Imprest fund system)
Metode tetap adalah metode pembukuan kas kecil dimana rekening kas kecil memiliki jumlah yang selalu tetap. Setiap terjadi pengeluaran kas, pemegang kas kecil tidak langsung mencatatnya namun hanya sekedar mengumpulkan bukti transaksi pengeluaran tersebut. Ciri-ciri metode tetap, diantaranya:

  • Bukti penggunaan dana kas kecil dikumpulkan oleh pengelola atau pemegang kas kecil.
  • Pengisian dana kas kecil dilakukan dengan penarikan cek yang sama dengan jumlah dana kas kecil yang telah digunakan sehinggajumlah dana kas kecil kembali pada jumlah yang semula ditetapkan.

b. Metode berubah-ubah (Fluctuating fund system)
Metode berubah-ubah adalah suatu metode pengisian dan pengendalian kas kecil dimana jumlah kan kecil tersebut akan selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Ciri-Ciri metode berubah-ubah ini yaitu:

  • Pembentukkan dan pengisian kembali dana kas kecil di catat di debit dalam akun kas kecil.
  • Bukti pengeluaran kas kecil dicatat dalam buku jurnal kas kecil dengan mendebit akun yang terkait dengan penggunaan kredit akun kas kecil.
  • Besarnya jumlah dana kas kecil yang disediakan berfluktuasi disesuaikan dengan perkembangan kegiatan bagian pemakai dana.

Demikian artikel tentang”Pengertian Kas Kecil, Ciri, Tujuan, Fungsi dan Metode Pengolahan Kas Kecil Terlengkap“, semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Pengertian Hukum Internasional – Perbedaan, Bentuk, Istilah, Asas, Sumber, Sejarah, Para Ahli