Paragraf Campuran: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Paragraf campuran merupakan salah satu jenis paragraf yang sering kita temukan dalam karya-karya sastra yang kita baca sehari-hari. Paragraf jenis ini merupakan campuran dari kedua jenis paragraf lainnya.

Umumnya, paragraf jenis ini digunakan dalam artikel, novel, ataupun cerita pendek.

Untuk lebih memahami apa itu paragraf campuran, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian, ciri, beserta contohnya.

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran atau kerap dikenal juga sebagai paragraf deduktif-induktif adalah paragraf yang letak ide pokoknya adalah awal dan di akhir paragraf.

Meski begitu, paragraf jenis ini tidak memiliki dua ide pokok dalam satu paragraf.

Ide pokok yang terletak di awal dan di akhir paragraf merupakan kalimat gagasan yang diulang untuk menegaskan atau memperjelas isi/informasi dalam paragraf.

Paragraf deduktif-induktif bisa dibilang merupakan perpaduan antara paragraf deduktif dan induktif.

Paragraf ini didahului dengan menuangkan kalimat ide pokok di awal paragraf. Kemudian kalimat ide pokok tersebut dikembangkan menjadi beberapa kalimat penjelas.

Setelahnya, di akhir paragraf ditarik simpulan berupa kalimat pendukung untuk menegaskan gagasan pokok di awal paragraf.

Agar kalian tidak lupa, dibawah ini kita akan coba untuk mereview secara singkat apa itu paragraf deduktif serta paragraf induktif.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak ide pokoknya ada di awal paragraf. Paragraf jenis ini memiliki pola pengembangan deduksi, yaitu pemaparan gagasan diawali dengan hal umum yang kemudian dikembangkan dengan hal-hal khusus.

Dengan kata lain gagasan pokok ditempatkan pada kalimat pertama sedangkan penjelasannya ada di kalimat-kalimat berikutnya.

Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang letak ide pokoknya ada di akhir paragraf. Paragraf jenis memiliki pola pengembangan induksi, yaitu terlebih dahulu memaparkan hal-hal khusus kemudian ditarik simpulan dengan hal yang lebih umum.

Dengan kata lain kalimat-kalimat penjelas ada di awal dan tengah paragraf, sedangkan gagasan pokok ada di kalimat akhir paragraf.

Ciri-Ciri Paragraf Campuran

Ciri ciri paragraf campuran

Untuk membedakannya dengan paragraf-paragraf lain, paragraf berjenis campuran memiliki ciri-ciri tertentu. Berikut ini adalah ciri-ciri yang dapat kalian gunakan untuk mengidentifikasi sebuah paragraf campuran

  • Memiliki pola pengembangan kalimat umum-khusus-khusus-umum.
  • Kalimat gagasan utama ide pokok terletak di awal dan di akhir kalimat berupa pengulangan ide pokok.
  • Kalimat gagasan utama di awal paragraf berupa informasi yang bersifat umum.
  • Kalimat gagasan utama di akhir paragraf berupa simpulan untuk memperjelas informasi.
  • Kalimat penjelas terletak di tengah paragraf

Jika sebuah paragraf memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan diatas, maka kalian dapat dengan yakin menyatakan bahwa itu adalah sebuah paragraf campuran.

Jenis-Jenis Paragraf Campuran

Jenis-jenis paragraf campuran

Ada beberapa jenis paragraf yang bisa dipakai untuk mengembangkan paragraf jenis campuran. Berikut ini adalah jenis-jenis paragraf menurut fungsinya.

Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang berisi tentang gambaran suatu keadaan atau peristiwa yang dituangkan dalam bentuk kata-kata.

Penggambaran ini akan membuat pembaca seolah-olah bisa melihat, merasakan, dan mengalami langsung kejadian tersebut.

Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisi kalimat-kalimat dengan tujuan agar pembaca merasa yakin dan menerima gagasan yang dituangkan oleh penulis.

Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi merupakan paragraf yang berisi rayuan atau bujukan agar pembaca terpengaruh untuk menyetujui pendapat yang disampaikan penulis.

Paragraf Narasi

Paragraf narasi merupakan paragraf yang berisi suatu kejadian atau sebuah kisah yang membuat para pembacanya merasa terharu atau terhibur atas peristiwa tersebut.

Contoh Paragraf Campuran

Agar kalian lebih mudah mengerti bagaimana menggunakan paragraf campuran dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja harus melihat contoh-contoh penggunaannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh-contoh penulisan paragraf jenis campuran atau paragraf deduktif-induktif.

Contoh Paragraf Campuran Tentang Bersepeda

Contoh paragraf campuran tentang bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga yang mudah dilakukan. bersepeda bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah menjaga kebugaran dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu bersepeda bisa membuat hati terasa senang. Maka tak heran jika olahraga bersepeda digemari banyak orang.

Contoh Paragraf Campuran Tentang Bencana Alam

Para petani di wilayah Banguntapan Bantul terancam gagal panen. Hal ini disebabkan oleh banjir yang menggenangi sawah seluas 15 hektar ini. Padi yang belum waktunya dipanen terpaksa diselamatkan dengan cara panen dini. Biaya perawatannya pun tidak murah. Kondisi tersebut membuat para petani stres dan mengharapkan bantuan dari pemerintah. Gagal panen dipastikan melanda wilayah Banguntapan hingga sebagian daerah Baturetno.

Contoh Paragraf Campuran Tentang Teknologi

Hasil teknologi sudah sejak lama dimanfaatkan untuk bidang pertanian. Diantaranya seperti traktor, mesin penggiling padi, alat pengering kedelai, dan sebagainya. Alat-alat tersebut pada dasarnya memang dibuat khusus untuk keperluan pertanian. Selain itu juga membantu bagi para petani yang diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian. Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa teknologi ikut berperan penting dalam kemajuan sektor pertanian.

Contoh Paragraf Campuran Tentang Kesehatan

Menerapkan pola hidup sehat sangat penting bagi setiap orang. Banyak cara untuk mewujudkan pola hidup sehat seperti makan tepat waktu, tidur yang cukup, mandi teratur, rajin cuci tangan dan sebagainya. Dengan menjaga perilaku kita untuk tetap hidup sehat akan membuat hidup kita semakin teratur dan tertata. Dengan demikian agar keteraturan dan produktifitas hidup terjaga sangat penting menjaga pola hidup sehat.

Contoh Paragraf Campuran Tentang Pendidikan

Contoh paragraf campuran tentang pendidikan

Hal utama dalam pendidikan yang diperlukan bagi anak adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini bisa memperkuat pondasi karakter dan perkembangan mental anak. Hal ini diperlukan kerja sama dengan orang tua agar anak dapat menerima arahan yang diberikan oleh guru. Jika berhasil, guru dan orang tua akan lebih mudah dalam mengajarkan ilmu maupun memberikan nasihatnya kepada anak. Jadi, pendidikan karakter harus diutamakan dalam pendidikan.

Contoh Paragraf Campuran Tentang Lingkungan

Membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Lingkungan yang tercemar bisa menimbulkan berbagai bibit penyakit yang membahayakan. Selain itu bisa menyumbat aliran sungai yang menyebabkan banjir saat musim hujan tiba. Banjir yang melanda hingga pemukiman menjadikan lingkungan semakin kotor. Oleh karena itu agar kebersihan lingkungan tetap terjaga perlu membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Baca Juga :  Wacana : Pengertian, Jenis – Jenis dan Contoh Terlengkap

Contoh Paragraf Campuran Tentang Ekonomi

Pengurangan tenaga kerja di perusahaan menyebabkan naiknya jumlah pengangguran di Indonesia. Dengan membludaknya jumlah pengangguran tidak menutup kemungkinan kualitas hidupnya juga ikut menurun. Perlu adanya langkah kongkrit untuk menangani jumlah pengangguran jika mengalami kenaikan secara drastis. Maka dari itu perlu penekanan terhadap jumlah pengangguran agar kualitas hidup seseorang dapat terjaga.

Contoh Paragraf Campuran Tentang Virus Corona

Virus corona mudah menular. Virus ini berasal dari kota Wuhan, China yang menyebar pada akhir Desember 2019. Penyebaran virus ini sangat cepat hingga ke seluruh dunia dalam waktu beberapa bulan, tak terkecuali Indonesia. Hal membuat berbagai negara menerapkan aturan lockdown untuk menghentikan penyebaran virus corona. Kita harus hati-hati dengan penyakit corona yang ternyata mudah menular.

Demikian mengenai pengertian paragraf campuran beserta ciri-ciri dan contohnya. Semoga penjelasan di atas dapat dijadikan referensi untuk bisa lebih memahami paragraf jenis campuran.